Latest Posts

ANJURAN JAM TIDUR UNTUK MENJAGA KESEHATAN

By 11:28 PM ,

Anjuran Jam Tidur Untuk Menjaga Kesehatan

ANJURAN JAM TIDUR UNTUK MENJAGA KESEHATAN

Memenuhi jam tidur adalah sesuatu yang sering disepelekan oleh banyak orang, padahal ini sangat fatal untuk kesehatan. Kekurangan jam tidur dapat menyebabkan daya tahan tubuh anda jadi melemah dan mood anda menjadi turun, bahkan akan berujung pada kematian jika terus di sepelekan.

Hal pertama yang terjadi jika kurang tidur adalah terganggunya system jantung ini akan menyebabkan anda jatuh sakit dan mudah terkena penyakit kanker, yaitu jantung coroner dan stroke. Ini akan membuat umur anda jadi singkat.

Apa saja dampak kalau kurang tidur?
Dampak yang akan terjadi jika kurang tidur diantaranya adalah:

1. Sakit
Kekurangan tidur akan menyebabkan system kekebalan tubuh anda menurun. Penurunan system kekebalan tubuh akan menyebabkan anda akan mudah terserang penyakit. Karena kekurangan tidur anda membuat tubuh anda menjadi lemah dan penyakit mudah masuk dan mengalahkan system kekebalan tubuh anda. Ini akan beresiko anda terserang penyakit.

2. Terganggunya pola pikir anda
Akibat dari kurang tidur membuat system saraf otak anda bekerja terus sewaktu anda kurang tidur, dan dampaknya adalah kinerja system saraf otak akan menurun karena tidak beristirahat, ini menyebabkan kinerja pola pikir akan menurun dan berpengaruh pada mood anda. Mood anda sangat berpengaruh bahkan anda tidak konsisten dan mudah emosi dikarenakan tidak bisa lagi berpikir jernih dengan akal sehat. Turunnya kinerja system saraf otak akan membuat anda mudah emosi da tidak terkontrol.

3. Meningkatkan resiko kanker
Resiko yang akan terkena bukan saja di otak akan tetapi juga pada system lain. Jika anda mempunyai jam tidur yang sangat singkat maka akan berpengaruh pada tingkatan resiko terkena Kanker yang mematikan.

4. Sering Lupa
Mungkin bisa saja anda sudah mengagendakan sesuatu tetapi akan beresiko lupa karena jantung kurang bekerja secara optimal dan tubuh anda kekurangan oksigen di system otak anda, yang akan berdampak anda bisa lupa agenda tersebut.

5. Hormon Menurun
Kurang tidur akan menurunkan hormone testosterone hingga 15 persen.

6. Pucat dan Mudah Nampak Tua
Karena system jantung anda kurang bekerja secara optimal dan oksigen dalam aliran darah anda, akan membuat tubuh anda tampak pucat; terutama pada bagian wajah.Jika terus-menerus anda kurang tidur maka anda akan tampak tua karena kullit anda akan menghasilkan kelonggaran, keriput, garis-garis halus da juga warna kulit.

Anjuran Jam Tidur
Anjuran jam tidur menurut para pakar dan ahli kesehatan, seseorang harus memiliki jam tidur yang teratur dengan kriteria sebagai berikut:
ü  Pada Usia 4 - 11 bulan                :12 - 15 jam/hari.
ü  Pada Usia 1 - 2 tahun                  :11 - 14 jam/hari.
ü  Pada Usia 3 - 5 tahun                  :10 - 13 jam/hari.
ü  Pada Usia 6 - 13 tahun                :9 - 11 jam/hari.
ü  Pada Usia 4 - 17 tahun (dewasa) :8 -10 jam/hari.

Sedangkan pada seorang bayi, jam tidur di anjurkan untuk 14 – 17 jam dalam satu hari.

Sekian artikel dari saya, atur pola jam tidur anda agar selalu sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ABOUT ME

BIOGRAFI PENULIS

Ruang Artikel ini adalah situs yang menjanjikan untuk memperoleh informasi yang sangat bermanfaat, baik dalam artikel kumpulan tugas, artikel kesehatan, dan berita-berita terkini yang terupdate. Nama saya secara lengkap adalah Desrahmad Lase. Saya terlahir di kepulauan Sumatera Utara, lebih tepatnya dikepulaan Nias. Dari kecil saya sangat suka membaca dan melihat dan menilai lingkungan sekitar ku. Hingga saat ini kesukaan ku semenjak kecil itu menjadi hobi saya di dewasa kini.

BUDAYAKAN MEMBACA

2 comments

  1. Terimakasih infonya, sukses terus..
    Kunjungi juga http://bit.ly/2X6vXgs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih, jangan lupa untuk membaca artikel saya lainnya di masa yang akan datang.

      Delete

Featured Post

TUGAS SEKOLAH_KAMUS SOSIOLOGI LENGKAP TABEL A-Z